Ujian Mandiri PMB STAIN Pekalongan Tahun Akademik 2014/2015 akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Agustus 2014
Hasil Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (UM-PTAIN) 2014 akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2014
Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 bisa dilihat pada menu PMB

STAIN Pekalongan

Visitasi Akreditasi Prodi PBA

Surel Cetak PDF
There are no translations available.

Visitasi Akreditasi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Jurusan Tarbiyah STAIN Pekalongan

Akreditasi PBA.1

 

Pekalongan – Satu lagi Program Studi (Prodi) STAIN Pekalongan mendapatkan kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam rangka Visitasi Akreditasi Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Direncanakan kegiatan tersebut berlangsung pada Senin, 15 Oktober 2012. BAN PT dalam visitasi tersebut menugaskan 2 asesor untuk melakukan verifikasi borang-borang akreditasi dan survei data lapangan, yaitu Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr. As’aril Muhajir, MA. (STAIN Tulung Agung).

Seperti diinformasikan oleh Ketua Jurusan (Kajur) Tarbiyah, Bapak Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D., bahwa persiapan menghadapi visitasi ini dilakukan sejak bulan Juni dengan mengisi borang-borang akreditasi, mengumpulkan data fisik yang berkaitan dengan akademik, pengajaran, kurikulum, fasilitas, dosen, mahasiswa dan lain sebagainya, dan mengirimkan borang-borang tersebut ke BAN PT di Jakarta.

Sebelumnya, pada 4 tahun yang lalu, Jurusan Tarbiyah juga telah memperoleh Akreditas B untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Upaya jurusan ini pun dilakukan untuk menyongsong Akreditas Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Sekarang Jurusan Tarbiyah, melalui anggota Tim Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Bapak Abdul Basith, MA., bekerja keras dibantu oleh beberapa anggota tim yang lain, mempersiapkan visitasi akreditasi tersebut. Menurut penuturannya, “kerja persiapan visitasi akreditasi ini cukup maksimal, saya bersama tim berharap agar hasilnya juga maksimal”. Hal serupa juga diungkapkan oleh Wakil Ketua I STAIN Pekalongan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., yang mendampingi visitasi akreditasi tersebut hingga larut malam. “Semoga hasilnya juga maksimal seperti yang diharapkan”, demikian penuturannya.

Dalam visitasinya, asesor berdialog dengan civitas akademika STAIN Pekalongan, baik institusi STAIN maupun Program Studi. Asesor menanyakan tentang kepemimpinan Ketua STAIN Pekalongan dan Ketua Jurusan (Kajur) Tarbiyah, menanyakan tentang seputar keakademikan kepada Wakil Ketua I dan Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Ibu Dr. Sopiah, M.Ag.

Asesor juga berdialog dengan para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Hadir pada kesempatan itu adalah Bapak Muftahul Ula, Bapak H. Ubaidi Fathuddin, MA., Ibu Musfirotun Yusuf, MM., Bapak Misbahul Huda, MA., Ibu Dwi Istiani, M.Ag., Bapak Ali Burhan, MA., Bapak Muhammad Jaeni, MA., M.Pd., Bapak Abdul Basith, MA., Bapak Ahmad Ta’rifin, Bapak Muhandis, Lc., MA. Dalam kesempatan itu asesor menanyakan kondisi program studi dan meminta masukan kepada para dosen demi perbaikan program studi ke depan.

Di penghujung acara visitasi, Bapak Dr. Ahmad Sayuti A. Nasution, MA. dan Dr. As’aril Muhajir, MA., banyak memberi masukan demi perbaikan dan peningkatan program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di masa mendatang, khususnya berbagai kondisi dengan keadaan riil yang terjadi di UIN Jakarta dan STAIN Tulung Agung. Meskipun demikian, beliau juga mengakui bahwa problem Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di STAIN, IAIN maupun UIN cenderung sama, tetapi bila upaya peningkatan dari berbagai sektor dipenuhi tidak mustahil hasil yang maksimal juga dapat tercapai. Demikian informasi yang disampikan oleh Sekertaris Jurusan (Sekjur) Tarbiyah, Bapak Sugeng Solehuddin, M.Ag.

Beri komentar


Security code
Refresh