Wisuda Diploma Tiga ke-20 Sarjana ke-34 Magister ke-6 akan dilaksanakan hari Sabtu 26 Agustus 2017 di Sahid Mandarin Hotel
Hati-hati terhadap modus penipuan melalui sms/telp tentang pelatihan/apa saja yg mengatasnamakan pimpinan IAIN Pekalongan, konfirmasikan terlebih dulu ke (0285) 412575

IAIN Pekalongan

Selayang Pandang

Alhamdulillah, berkat rahmat Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang, website ini dapat kami selesaikan sesuai dengan target waktu yang direncanakan. Di sini banyak dijumpai hal-hal menarik tentang perkembangan STAIN Pekalongan sejak berdirinya berdasar Surat Keputusan Presiden RI No.11 tahun 1997 tertanggal 21 Maret 1997 tentang pendirian 33 (tiga puluh tiga) STAIN di seluruh Indonesia, yang kemudian pembukaannya secara resmi oleh menteri Agama dilakukan pada tanggal 30 Juni 1997 bertepatan dengan 25 shafar 1418 H, hingga sekarang.

Kami mencoba menampilkan wajah baru STAIN Pekalongan secara menyeluruh. Perkembangan STAIN Pekalongan tersebut, kami kemas dengan menampilkan profil kelembagaan secara umum dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan STAIN Pekalongan dan Kemahasiswaan STAIN Pekalongan dengan semua unsurnya, sehingga penyajian yang meluas dan melebar tidak dapat kami hindari.

Namun kami menyadari, tidak semua hal yang telah ada dan dimiliki STAIN Pekalongan bisa dimuat website ini. Hal tersebut terjadi karena kekurangan team kami dalam membidik fenomena yang ada.

Diawali dengan penataan kelembagaan dan peningkatan SDM, untuk tenaga edukatif dengan studi lanjut ke jenjang S2 dan S3, STAIN Pekalongan berhasil meningkatkan jumlah mahasiswanya dari tahun ke tahun. Langkah tersebut mendorong perkembangan lain terutama di bidang administrasi, kurikulum, sarana dan prasarana, pengabdian kepada masyarakat dan jumlah jurusan.

Pada awal berdirinya STAIN Pekalongan hanya memiliki satu jurusan, yaitu Jurusan Peradilan Agama. Dalam rangka relokasi ke Surakarta, maka sejak tahun 996, Jurusan Peradilan Agama dipindah ke Surakarta, sedang di Pekalongan diganti menjadi Jurusan Perbandingan Madzab. Pada tahun 1997, ketika Fakultas Syari’ah berubah menjadi STAIN Pekalongan, maka dibuka dua jurusan baru,yaitu: (1) Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), dan (2) Jurusan Syari’ah dengan Program Studi Perbandingan Mazhab.

Untuk merespon kebutuhan masyarakat, di bawah koordinasi Jurusan Tarbiyah, dibuka Program D.2 PAI, Program Transfer, dan Program Akta IV, dan pada Tahun Akademik 2009/2010 dibuka prodi baru yaitu Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sedang di bawah koordinasi Jurusan Syari’ah, dibuka Program Studi al-Ahwâl al-Syakhshiyyah. Pada tahun akademik 2004/2005, dibuka Program Studi D-3 Perbankan Syari’ah, dan pada tahun 2005/2006 dibuka Program Studi S.1 Ekonomi Syari’ah.

Kemudian pada tahun akademik 2009/2010, dibuka jurusan Ushuluddin dengan Program Studi S.1 Tafsir Hadits, dan menyusul kemudian pada tahun akademik 2010/2011 dibuka Program Studi Akhlak dan Tasawuf.

Pada Tahun akademik 2012/2013, STAIN Pekalongan membuka Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) pada Jurusan Dakwah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ahwal Syakhshiyyah (AS) pada program magister (S2) Pascasarjana.

Pada Tahun akademik 2013/2014, jurusan Syari'ah berubah menjadi Syariah dan Ekonomi Islam, kemudian jurusan Ushuluddin berubah menjadi Ushuluddin dan Dakwah. pada tahun tersebut juga STAIN Pekalongan membuka Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Guru Raudhotul Athfal (PGRA) pada Jurusan Tarbiyah, dan menyusul kemudian pada tahun akademik 2014/2015 membuka Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HES) pada Jurusan Syari'ah dan Ekonomi Islam.

Dengan senantiasa mengharap masukan dari segenap pengunjung website ini, akhirnya kami mohon maaf apabila sajian yang kami berikan kurang atau tidak memenuhi harapan. Namun satu hal yang membuat kami bangga dan bahagia, anda telah dengan cermat membaca website ini.